Sabtu, 26 September 2015

Fungsi Jig Pada Mesin Las Robot

         
Gambar 1. Mesin Las Robot dan JIG
           Penjelasan fungsi JIG pada mesin las robot untuk  tugas mata kuliah Metodologi Penelitian. Gambar diambil dari tempat penulis melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di salah satu perusahaan yang bertempat di Kelapa Gading. Pada perusahan tersebut memproduksi Frame Chassis dan Press Part. Pada laporan tugas yang pertama penulis akan menjelaskan Fungsi Jig Pada Mesin Las Robot.

Gambar 2. Operator Programer robot
            Mesin Las Robot (Robotic Welding Machine) adalah suatu mesin las yang menggunakan sistem pengendali komputer (program) yang telah diatur menggunakan program pengendali. Pada gambar 2 seorang operator programer robot sedang malakukan pemrograman pada mesin las robot. Mesin las robot memerlukan sumber daya listrik, angin bertekanan dan kawat las untuk pengoperasiannya. Panel listrik berfungsi untuk mengatur semua daya yang dibutuhkan robot untuk menjalankan proses kerjanya. Dalam pengoperasian las robot juga membutuhkan beberapa alat bantu diantaranya adalah JIG atau Fixture. JIG  atau Fixture merupakan  peralatan khusus yang memiliki fungsi untuk memegang, menjepit, menyangga, benda kerja yang akan di las agar sesuai dengan standar hasil yang direncanakan dan juga untuk mempermudah proses dengan hasil yang akurat (presisi). Alat JIG banyak dipergunakan untuk membantu kerja dari permesinan diantaranya milling, las manual, rivet las, spot welding dll. Dalam pengoperasiannya JIG membutuhkan bantuan dari angin bertekanan untuk menjalankan sitem kerja dari JIG. Ada dua saluran angin yang dibutuhkan untuk bergerak maju dan mundur.



        Gambar 3. JIG pada mesin las robot
Alat mesin JIG (Gambar 3), mempunyai fungsi untuk menjepit benda kerja yang akan mengalami proses las. Satu set alat jig mempunyai kemampuan yang berbeda tergantung dari penyetelannya dan fungsi nya. Fungsi kerja nya hampir sama dengan hidrolik namun alat jig menggunakan tenaga bantu dari angin bertekanan. Alat jig sendiri memiliki fungsi yang sangat berarti bagi mesin las robot itu sendiri dikarenakan fungsi kerjanya saling keterkaitan. Didalam suatu proses pengelasan banda kerja diletakan di alat jig kemudian dijepit agar benda kerja hasil pengelasan memiliki ketepatan proses yang tinggi, kemudin di las dengan menggunakan system otomatis pada pengelasan robot.
Gambar 4. JIG gabungan  

Jig dan fixture merupakan salah satu jenis alat bantu yang terdapat dalam proses manufaktur sehingga diperoleh produk yang seragam dengan keakuratan yang tinggi. Alat bantu mempunyai beberapa fungsi dalam proses produksi, antara lain[1]:
1) Menurunkan biaya manufaktur
    Dengan jig dan fixture waktu produksi bisa dikurangi, selain itu dengan adanya alat bantu maka          penggunaan operator/tenaga kerja bisa dikurangi.
2) Menjaga kualitas
Produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang telah ditentukan karena dengan alat bantu jig dan fixture produk yang dihasilkan lebih presisi.
3) Meningkatkan produksi
Dengan jig dan fixture waktu setup bisa dikurangi, menurunkan waktu produksi sehingga laju produksi meningkat.
                       
           




[1] http://waystoperfect.blogspot.co.id/2010/06/jig-dan-fixture.html

3 komentar:

esween mengatakan...

Mantaf...gan

Unknown mengatakan...

Komponen" mesin las itu apa aja gan yang digunakan?

Unknown mengatakan...

Minta penjelasan tentang komponen jig seperti locator, pin jig, piston Dll

Posting Komentar

 
Copyright © Info Unik dan Update