Senin, 12 Oktober 2015

Mesin Press kekuatan 1000 TON

Gambar 1. Mesin Press 1000 Ton
             Pada kesempatan kali ini saya tertarik membahas tentang mesin Press dengan kekuatn 1000 TON, mesin pres ini saya jumpai pada salah satu perusahaan tempat saya Praktek Kerja Lapangan yang sebelumnya saya belum pernah menemukan mesin press sebesar ini. Di perusahaan ini juga ada mesin press terbesar yaitu berkekuatan 4000 TON, hingga ada ukuran terkecil berukuran 80 ton. Banyak sekali dapat dijumpai mesin press dengan berbagai kekuatan kerjanya yang biasanya disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan dalam malakukan fungsi kerjannya. Salah satunya saya akan membahas mesin press berkekuatan 1000 TON ini, mesin press memiliki fungsi dan cara kerja yang hampir sama dengan mesin press lainnya.
              
Gambar 2. Tabel Spesifikasi

  Pada mesin press 1000 Ton ini digerakkan oleh tanaga mekanik dengan 1 lengan ayun, memiliki kapasitas 1000 Ton, slide stroke 300mm, Stroke Perminute 20 spm, Die Height max 500mm, die height min 300mm, slide ajusment 200mm, slide area 1300 x 1000 mm, main motor: Reguired air pressure 5.5 kg/cm, Jumlah pad chusion 2, die chusion stroke 150 mm, die chusion pad area, 500 x  500 mm, distance bloster to floor 800 mm, bloster thickness 269 mm, diameter holechusion pin 40 mm, qty
hole chusion pin at bloster 15 pcs, kapasitas produksi 500/jam.

                Untuk menunjang produksi nya, mesin press ini dilengkapi dengan DIES sebagai cetakan produk yang akan dibuat. Berbagai macam dies yang tersedia, yang dapat di ganti sesuai kebutuhan produksi apa yang akan dijalankan. Dies sendiri memiliki dua bagian yaitu bagian depan dan belakang yang akan bertemu dengan material yang akan diproduksi. Dies sendiri dipasang menggunakan kendaraan fork lift dikarenakan memiliki berat yang tidak dapat diangkut menggunakan tenaga manusia. Dies dipasang sebelum proses press oleh operator dan kemudian, pemasangan nya pun harus dengan ketelitian yang tinggi dikarenakan harus presisi untuk menghindari hal-hal yang memungkinkan cacat produksi.
Gambar 3. Mesin Press
                Dalam pengoperasian mesin press itu sendiri dilakukan oleh beberapa operator, contohnya pada mesin press 1000 Ton ini diperlukan 2 orang operator untuk menjalankan produksi. 2 operator ini masing-masing memegang tombol fungsi start dan stop operasi pada mesin press, untuk menghindari kecelakaan kerja. Selain itu juga operator wajib dilengkapi alat keselamatan kerja seperti helm, pelindung telinga, sarung tangan, masker, sepatu safety, pakain kerja dan pelindung tangan. Sebelum melakukan produksi setiap operator wajib memahami work instruction untuk kelancaran kerja nya. Dan selalu mengutamakan safety disetiap proses kerja.

                Sesua fungsi dan kemampuannya mesin press ini memroduksi backing plate dan bracket spring kendaraan otomotif industri. Seperti Toyota, Daihatsu, Isuzu dan Nissan. Demikian pengulasan saya mengenai Mesin Press 1000 Ton.

1 komentar:

Tommy mengatakan...

Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

Mobile : 0813-1084-9918
Whatsapp : 0813-1084-9918
name : Tommy. K
Email1 : tommy.transcal@gmail.com

Posting Komentar

 
Copyright © Info Unik dan Update