Minggu, 03 Januari 2016

Proses Produksi Pressed Part Menggunakan Mesin Press

BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
            Di bidang teknik mesin, terdapat banyak sistem otomatisasi dan mekanisasi. Mekanisasi dan otomatisasi merupakan suatu gejala atau fenomena dasar yang dapat dipelajari melalui teori dan aplikasi teori atau praktikum.
Material atau bahan adalah zat atau benda yang dari mana sesuatu dapat dibuat darinya, atau barang yang dibutuhkan untuk membuat sesuatu. Material adalah sebuah masukan dalam produksi. Berupa bahan mentah yang belum diproses, tetapi kadang kala telah diproses sebelum digunakan untuk proses produksi lebih lanjut. Umumnya, dalam masyarakat teknologi maju, material adalah bahan konsumen yang belum selesai.
Pada proses proses produksi pembuatan komponen-komponen kendaraan, dari Raw Material sampai keluar menjadi barang jadi, material tersebut harus melewati berbagai tahapan proses. Salah satunya adalah proses Pengepresan (Stamping). Pada dasarnya proses pengepresan atau stamping mengunakan teknik tumbukan yaitu dengan menekan / menumbuk suatu material (blank material) pada suatu mesin menjadi bentuk yang diinginkan. Yang dimana mesin press adalah mesin yang menompang sebuah landasan dan sebuah penumbuk, sebuah sumber tenaga, dan suatu mekanisme yang menyebabkan penumbuk bergerak lurus dan tegak menuju landasanya. Untuk menghasilkan kualitas pengepresan yang baik, perlu adanya alat-alat pendukung dalam melakukan proses produksi.
Ada beberapa proses pemotongan banda karja untuk dapat diproses selanjutnya ke mesin press. Proses pemotongan adalah proses dimana material di potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan agar material tersebut dapat dikerjakan kedalam proses berikutnya. Proses pemotongan ini dikelompokan lagi menjadi : Cutting, Trim, Pierce, Separate, Slit, Nocthing.        

1.2       Perumusan Masalah
Dari kerja Praktek dan pemahaman taori yang telah dilakukan, penulis dapat menarik kesimpulan untuk perumusan masalah sebagai berikut:
1.             Bagaimana cara kerja dari mesin press untuk memproduksi dari logam lembaran.
2.             Bagaimana taknik dan proses-proses yang dijalankan untuk menghasilkan benda kerja jadi maupun setengah jadi.
3.             Bagai mana faktor-faktor yang mempengaruhi keerhasilan proses produksi suatu material.
4.             Bagaimana pengujian yang dilakukan untuk mengetahui hasil yang tepat dari proses yang telah dijalankan.

1.3       Batasan Masalah
Pada penyusunan laporan akhir ini penulis memberikan batasan masalah sebagai berikut:
1.             Proses kerja pengepresan /  stamping dilakukan dengan hanya menggunakan mesin press dengan kemampuan 500 TON dan 1000 Ton.
2.             Material  kerja logam lembaran  yang digunakan memiliki ketebalan < 10 mm, dikarenakan menyesuaikan kekuatan DIES dan mesin PRESS.
3.             Pemrosesan benda kerja dilakukan dari material mentah menjadi material setengah jadi, yang masih memerlukan proses akhir (finishing) untuk menjadi material jadi yang siap digunakan.

1.4       Tujuan Penulisan
Secara garis besar tujuan diadakannya penulisan laporan akhir ini, antara lain:
1.             Dapat menjelaskan kerja praktek yang telah dilakukan khususnya pada Proses Produksi Pressed Part Menggunakan Mesin Press.
2.             Dapat mengetahui dan menganalisa proses-proses yang dilakukan pada Proses Produksi Pressed Part Menggunakan Mesin Press.
3.             Dapat mengetahui dan menganalisa material-material yang digunakan dalam proses pengepresan / stamping.
4.             Untuk dijadikan tempat berlatih dan belajar menyusun Penulisan Ilmiah yang akan dilakukan pada semester selanjutnya.

1.5       Metode Penulisan
            Dalam penyusunan laporan akhir ini, penulis mengumpulkan serta memperoleh data dengan cara:
1.             Studi Pustaka
          Yaitu dengan membaca dan mempelajari buku-buku atau modul yang diperoleh dari Universitas serta buku Elektronik.
2.             Studi Lapangan
          Yaitu dengan langsung terjun ke lapangan dengan cara Kerja Praktek ke salah satu Perusahaan Manufaktur Pressed Part.
1.6       Sistematika Penulisan
   Untuk memudahkan dalam membahas dan memahami keseluruhan dari isi penyusunan tulisan ini, adapun susunan dari masing-masing bab adalah sebagai berikut:
BAB  I       PENDAHULUAN
Bab ini merupakan pendahuluan dari Tugas Akhir Metodologi Penelitian yang berisikan latar belakang, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.
BAB  II      LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan mengenai teori-teori dan sejarah mesin press yang digunadan dalam Proses Produksi Pressed Part Menggunakan Mesin Press yang diambil dari Buku-Buku Teknik dan Buku Elektronik.
BAB  III    PROSES KERJA
Bab ini berisi langkah-langkah kerja dalam ruang lingkup yang ada pada Proses Produksi Pressed Part Menggunakan Mesin Press
BAB  IV    PENUTUP
Bab ini berisikan kesimpulan dan saran yang diharapkan dapat bermanfaat bagi penulis, pembaca













BAB IV
PENUTUP
4.1       Kesimpulan
Setelah dilakukan pengamatan pada Proses Produksi Pressed Part Menggunakan Mesin Press yang dilakukan selama kerja praktek, pemahaman teori dan penulisan ini didapatkan kesimpulan didalam pemrosesan pembentukan benda kerja, adalah sebagai berikut:
1.              Proses manufaktur produksi suatu material dapat mengunakan proses dan tahapan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan hasil yang diinginkan.
2.              Sebelum proses pengepresan / stamping, logam lembaran (metal sheet) harus dipotong sesuai dengan bentuk dan ukuran dies yang digunakan agar menyesuaikan hasil dari produksi material tersebut.
3.          Ada beberapa teknik pemotongan material yang bisa dilakukan antaralain : Cutting, Trim, Pierce, Separate, Slit, Nocthing. Sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.
4.              Untuk keberhasilan didalam suatu produksi perlu memperhatikan langkah-langkah kerja yang telah disusun berupa flow chart kerja dari proses produksi suatu material.
5.              Terdapat banyak dies yang digunakan didalam pemrosesan suatu benda kerja sesuai dengan kebutuhan, berikut macam macam dies yang sering digunakan Step forming dies, Progresive dies, Transfere dies.
6.              Faktor keselamatan kerja harus selalu diperhatikan untuk menunjang keselamatan kerja para operator permesinan.
7.              Dari penulisan ini penulis bisa menganalisa cara kerja dari mesin press untuk memproduksi dari logam lembaran menjadi barang jadi atau barang setengah jadi.
8.              Didalam proses pengepresan / stamping menggunakan mesin press dengan kekuatan yang bervariasi, pada penulisan ini menggunakan msin press kekuatan 500 TON dan1000 TON.
 



2 komentar:

Tommy mengatakan...

Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
Terjangkau
Cost saving
Solusi
Penawaran spesial
Hemat biaya Energi dan listrik
Mengurangi mikroba & menghilangkan lumut


Salam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management
OUR SERVICE
1.
Coagulan, nutrisi dan bakteri
Flokulan
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Garment wash
Eco Loundry
Paper Chemical
Textile Chemical
Degreaser & Floor Cleaner Plant

2.
Oli industri
Oli Hydrolik (penggunaan untuk segala jenis Hydrolik)
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
3.
Other Chemical
RO Chemical
Hand sanitizer
Evaporator
Oli Grease
Karung
Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
Zinc oxide
Thinner
Macam 2 lem
Alat-alat listrik
Packaging
Pallet
CAT COLD GALVANIZE COMPOUND K 404 CG
Almunium

Tiyara Soleha mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

 
Copyright © Info Unik dan Update