Selasa, 06 Oktober 2015

Mesin Las Robot (Robotic Welding Machine)

Gambar 1. Mesin Las Robot
           Pada tulisan kedua mata kuliah “Metodologi Penelitian” saya akan membahas tentang Mesin Las Robot (Robotic Welding Machine) setelah sebelumnya saya sudah membahas tentang “Fungsi JIG Pada Mesin Las Robot”. Kurang lengkap rasanya jika membahas mesin jig las robot namun belum mengetahui mesin las robot itu sendiri. Materi mesin las robot yang akan saya bahas ini, saya dapatkan dari perusahaan tempat saya melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang bertempat di Kelapa Gading. Saya sangat tertarik membahas judul ini dikarenakan kecanggihan alat tersebut dan juga sangat membantu dalam proses produksi. Maka dari itu saya akan menjelaskan mesin las robot beserta komponen-komponen pendukung apa saja yang diperlukan dalam pengoperasiannya.
Mesin las robot (Robotic Welding Machine) merupakan suatu alat/perkakas yang sering digunakan dalam industri atau produksi. Khususnya dalam bidang Otomotif. Dalam perkembangan teknologi yang pesat diperlukan perkakas kerja semakin canggih dan effisien untuk menunjang produksi yang tinggi dengan harga yang kompetitif. Perkembangan robotik dimulai pada awal tahun 2000-an. Tentunya robotik sangat banyak digunakan pada mesin-mesin, contohnya mesin las robot. Suatu perusahaan lebih memilih menggunakan robot dibandingkan manusia dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi nya seperti effisien, presisi (akurat), afektif dan banyak lagi keunggulan nya dibandingkan dengan tenaga manusia. Seiring dengan berjalannya waktu tenaga manusia akan semakin ditinggalkan dikarenakan tuntutan dari pekerja sangat tinggi oleh karena kebutuhan yang meningkat. Disetiap industri besar khususnya otomotif sudah melakukan pemerataan menggunakan alat-alat yang modern dan mulai meninggalkan alat-alat konvensional. Dalam menjalankkan mesin las robot ada beberapa komponen pendukung yang digunakan agar fungsi kerja nya bisa berjalan dengan baik. Diantaranya adalah panel kelistrikan, angin bertekanan, kawat las, program computer, dan beberapa sistem control lainnya. Adapun fungsi nya adalah sebagai berikut:
  • Panel kelistrikan berfungsi untuk mengatur suplay daya yang diperlukan dalam                           pengoperasian mesin-mesin pada las robot.
  • Angin bertekanan digunakan untuk mengoperasikan mesin jig dan beberapa sistem                     pada mesin robot itu sendiri.
  • Program computer berfungsi sebagai otak dari mesin las robot itu sendiri, disana kordinat pengelasan diatur oleh operator untuk menjalankan proses pengelasan.
  • Sistem control digunakan untuk memulai, mengontol, menghentikan sistem-sistem pad alas robot yang dioperasikan oleh operator.

Gambar 2. Panel Kelistrikan Mesin Las Robot

                   Panel kelistrikan pada mesin las robot (Gambar 2) merupakan suatu sumber suplay daya yang dibutuhkan oleh mesin las robot itu sendiri. Panel kelistrikan ditempatkan pada suatu tempat khusus untuk mempermudah menggunakannya dan disana juga dilengkapi dengan sistem pendingin untuk mendinginkan panel-panel tersebut. Mesin las robot biasanya berjalan selama 24 jam untuk mencapai target hasil produksi.
Gambar 3.  Operator Programmer

       
Mesin las robot biasanya dijalankan oleh seorang operator yang membantu proses pengelasan, penempatan benda kerja, memonitor sistem control dan melalukan pengecekan (quality control) benda kerja proses las agar sesuai dengan standar. Kerja dari operator tidak terlalu susah oleh karena itu mesin las robot bisa menyelesaikan pengelasan yang banyak per hari nya.
          Mungkin cukup sekian pembahasan saya mengenai Mesin Las Robot (Robotic Welding Machine), tunggu pembahasan menarik lainnya dari blog saya ini. Terimakasih telah berkunjung ke blog saya ini.       


3 komentar:

Unknown mengatakan...

Di mana bisa membeli mesin ini dan kisaran di harga berapa?

pt mengatakan...

KAMI JUGA MENYEDIAKAN KUOTA UNTUK BESI & BAJA

Dear,
Pimpinan/Import Dept.

Kami dari PT. MAJU KENCANG PERSADA yang bergerak dibidang General Trading & Supplier Export import berdomisili di Jakarta.

Pos Tarif / HS Bagian Uraian Barang :

4649 Perabot Rumah Tangga, Furniture, Meubelair, Electronik, Peraga Pendidikan
Alat Olah Raga, Alat Musik, Barang dari Karet/Kulit/Kayu/Gabus

4659 Alat Teknik, Mekanikal, Elektrikal, Konstruksi, Mesin-Mesin dan suku Cadangnya
Alat Listrik, Alat Ukur, Survei, Alat Pemadam Kebakaran, Keselamatan Kerja, Peralatan
dan Perlengkapan Kantor

4641 Textil, dan Pakain Jadi (Bukan Produksi) Sepatu, Sandal, Aksesories Pakaian Jadi
Tali Temali, Karpet, Permadani dari Textil, Karung, Hasil Rajutan Jarum, Terpal, Benang Jahit, Payung

Services Pt Maju Kencang Persada:

1. Jasa Import Resmi
2. Undername QQ/Legalitas Import
3. Door To Door Service
4. Ex Work Seluruh Dunia
5. Stuffing & Stripping
4. Domestik Service
Kami memberikan solusi dan tanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan.

Best Regards
juned

GRAHA EMRE
PT. MAJU KENCANG PERSADA
Jl. Raya Pondok Gede No. 37 Jaktim 13560
Phone : 021-809-8224 (Hunting)
Mobile/Wa : 0812 9414 9720
Fax : 021-2280-1403
E-mail : mkpjuned@gmail.com / info@jasaimport.net
Web : www.jasaimport.net

DUŠKA ALŽBĚTA mengatakan...

Saya akan sangat merekomendasikan layanan pendanaan meridian Le_ kepada siapa saja yang membutuhkan bantuan keuangan dan mereka akan membuat Anda tetap di atas direktori tinggi untuk kebutuhan lebih lanjut. Sekali lagi saya memuji diri sendiri dan staf Anda untuk layanan luar biasa dan layanan pelanggan, karena ini merupakan aset besar bagi perusahaan Anda dan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan seperti saya. Semoga Anda mendapatkan yang terbaik di masa depan. Layanan pendanaan meridian adalah cara terbaik untuk mendapatkan pinjaman mudah, di sini ada email .. lfdsloans@lemeridianfds.com. Atau bicara dengan Mr Benjamin On WhatsApp Via_ + 1-989-394-3740 Terima kasih telah membantu saya dengan pinjaman sekali lagi dalam hati yang tulus, saya selamanya bersyukur.

Posting Komentar

 
Copyright © Info Unik dan Update